Kualitas layanan kesehatan penting untuk ditingkatkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan adalah dengan memberikan pelayanan yang sesuai dengan kode etik medis. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis terkait pelayanan kesehatan yang berlokasi di Klinik XYZ, Kalimantan Timur dengan jenis pelayanan yang difokuskan yaitu poli umum. Pelayanan ini dianalisis dengan menggunakan ilmu simulasi teori antrian pada bidang ilmu optimasi. Berdasarkan kondisi aktual pada klinik ini, antrian pasien pada klinik ini terjadi penumpukan terbesar pada aktivitas pelayanan dokter, sehingga pasien memerlukan waktu lebih lama untuk mendapatkan pelayanan yaitu dengan total time 2.21 jam atau pada total waiting time sebesar 1.86 jam yang memiliki dampak membuat keterlambatan dalam pemberian pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan antrian pada Klinik XYZ dan memberikan rekomendasi untuk antrian yang optimal yang didapatkan dari hasil pengolahan data dengan menggunakan software Arena. Berdasarkan hasil, didapatkan dua rekomendasi dengan pertimbangan berupa efisiensi antrian, total waktu tunggu pasien, dan utilitas yang paling efisien. Rekomendasi kedua merupakan rekomendasi terbaik dari dua pilihan skenario rekomendasi. Rekomendasi kedua yang dipilih yaitu dengan membagi stage pelayanan dokter menjadi dua server dan stage pelayanan apotek menjadi tiga server. Hasil dari simulasi pada rekomendasi menunjukkan bahwa klinik dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi waktu tunggu pasien, dan mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas mereka dengan rekomendasi ini. Dengan menerapkan rekomendasi kedua, pihak klinik dapat meningkatkan pelayanan mereka kepada pasien dan mencapai tujuan mereka dalam mengelola antrian dengan lebih baik.
Copyrights © 2023