Journal of Education Sciences: Fondation & Application
Vol 2 No 2 (2023): November

Efektivitas Penyelenggaraan Bimbingan Belajar CALISTUNG Oleh Mahasiswa Program MBKM Kampus Mengajar

Sri Rezky Amalia (Program Studi Pendidikan Nonformal, Universitas Muhammadiyah Bulukumba)
Ilmar Andi Achmad (Program Studi Pendidikan Nonformal, Universitas Muhammadiyah Bulukumba)
A Hasdiansyah (Program Studi Pendidikan Nonformal, Universitas Muhammadiyah Parepare)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini menelaah Efektivitas Penyelenggaraan Bimbingan Belajar Calistung Oleh Mahasiswa Program MBKM Kampus Mengajar 3 Di SDN 47 Anrihua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektifitas penyelenggaraan bimbingan belajar calistung oleh mahasiswa program mbkm kampus mengajar 3 di SDN 47 Anrihua. Untuk mencapai tujuan tersebut maka digunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian sebanyak 5 (lima) orang 1 (satu) orang guru pamong, 4(empat) orang mahasiswa KM3 serta siswa sdn 47 Anrihua.. Data di analisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan bimbingan belajar calistung yang dilakukan mahasiswa KM3 yaitu: a. Mahasiswa melakukan penjaringan terhadap siswa dengan mengumpulkan hasil penilaian kemampuan calistung siswa. b. Mahasiswa menentukan waktu, tempat pelaksanaan bimbingan belajar. (2) Pelaksanaan Bimbingan Belajar : a. Proses Pelaksanaan bimbingan belajar calistung, b. Mahasiswa melaksanakan bimbingan belajar calistung drngan media yang mudah dipahami. c. kendala atau hambatan dalam pelaksanaan bimbingan belajar. d. Usaha Mahasiswa dalam mengantisipasi kendala peserta didik selama bimbingan belajar. (3) Efektivitas penyelenggaraan bimbingan belajar calistung yang dilaksanakan oleh mahsiswa KM3 tersebut sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan calistung siswa, terbukti dari hasil evaluasi yang peneliti lakukan bahwa Sebagian besar siswa mengalami peningkatan nilai dari nilai sebelumnya dengan adanya bimbingan belajar tersebut. Hasil evaluasi tersebut 93,9% siswa mengalami peningkatan nilai 6,1% siswa mendapatkan nilai tetap 0% mengalami penurunan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jesfa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam Journal of Education Sciences: Fondation & Application ini adalah sebagai berikut: 1. Community Development 2. Learning Models 3. Training and Courses 4. Informal Education 5. PAUD Setiap artikel yang akan diterbitkan akan menjalani proses ...