Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran menggunakan Project Based Learning terintegrasi STEAM (STEAM-PjBL) yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.  Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Developmen, Implementation, and Evaluation). Data penelitian diperoleh dari pedoman wawancara, angket respon dan lembar validasi.  Validator yang dilibatkan untuk memvalidasi berjumlah delapan orang yang terdiri dari pakar dan praktisi. Data aspek kepraktisan diperoleh dari respon sepuluh siswa kelas X Kuliner 2.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran akuaponik dengan pendekatan STEAM-PjBL layak  dan praktis digunakan untuk pembelajaran IPAS.Abstract. This research aims to produce learning videos using STEAM integrated Project Based Learning (STEAM-PjBL) that are suitable for improving students' creative thinking abilities. This development research uses the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) model. Research data was obtained from interview guides, response questionnaires and validation sheets. There were eight validators involved in validating, consisting of experts and practitioners. Practical aspect data was obtained from the responses of ten students of class. Keyword: Think creatively; PjBL; STEAM
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023