Pendekatan pembelajaran Think Pair Share adalah metode yang mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran, melibatkan berpikir individu dan kolaboratif. Pendekatan ini didukung oleh strategi konkret yang diyakini meningkatkan kemampuan operasi perkalian. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan siswa kelas II SDN Cibadak I dalam operasi perkalian dengan menerapkan paradigma pembelajaran Think Pair Share dan media konkret berupa kelereng dan plastik. Metode penelitian tindakan kelas (PTK) digunakan dalam tiga tahap: prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus melibatkan langkah persiapan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tes mengindikasikan peningkatan kemampuan operasi perkalian siswa. Pada tahap pra-siklus, rata-rata nilai siswa 57 (ketuntasan 30%). Siklus I mengalami peningkatan menjadi 65 (ketuntasan 35%). Siklus II menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan, rata-rata skor 92 (ketuntasan 90%), khususnya pada siklus II. Dengan demikian, penerapan pendekatan Think Pair Share dengan media konkret memberikan dampak positif terhadap kemampuan operasi perkalian siswa SDN Cibadak I, Kecamatan Cimanggu-Pandeglang. Ini menegaskan efektivitas metode pembelajaran dalam merangsang partisipasi dan pemahaman siswa secara holistik.
Copyrights © 2023