Penelitian ini mengeksplorasi upaya meningkatkan konsentrasi belajar siswa di Sekolah Dasar melalui penerapan media pembelajaran berbasis gambar, ice-breaking, dan Senam Otak. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya konsentrasi belajar siswa melalui pendekatan inovatif ini. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, melibatkan 34 siswa kelas 1 SD Cipayung yang menjadi subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam konsentrasi siswa dari 38,2% pada pra siklus menjadi 70,5% pada siklus kedua. Rata-rata nilai siswa juga mengalami peningkatan dari 28,23 pada pra siklus menjadi 78,23 pada siklus kedua. Keunikan penelitian ini terletak pada penggabungan pendekatan ice-breaking dan Senam Otak, yang memberikan dampak positif terhadap konsentrasi dan hasil belajar siswa. Simpulan dari penelitian ini memberikan kontribusi baru terhadap pemahaman cara efektif meningkatkan konsentrasi belajar siswa di tingkat Sekolah Dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023