Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry
Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Al - Qur’an Hadist Kelas VII MTsS samahani Kabupaten Aceh Besar

Aisyah Idris (Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry)
Nurbayani (Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry)
Maysyurah Turiza (Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik masih tergolong rendah. faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan belajar yang dialami peserta didik beserta dengan faktor penyebabnya. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan terdiri atas tiga langkah kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : 1) Kesulitan belajar pada pelajaran Al-Qur’an Hadist terdapat beberapa macam, diantaranya yaitu: pertama, peserta didik mengalami kesulitan membaca Al-Qur’an yang disebabkan karena siswa belum memahami secara keseluruhan tentang huruf hijaiyah, kesulitan pengucapan huruf hijaiyah sesuai dengan makhraj yang benar, dan kesulitan dalam penerapan tajwid atau hukum-hukum bacaan. Kedua, siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menghafal ayat Al-Qur’an dan Hadist beserta isi kandungannya. Kesulitan ini dialami siswa karena kurangnya kemampuan siswa dalam memahami dan menghafalkan bacaan Al-Qur’an dan Hadist. 2) Faktor-faktor penyebab peserta didik kesulitan belajar pada pelajaran Al-Qur’an Hadist diantaranya yaitu kurangnya minat dan motivasi belajar siswa, kurang dan lemahnya kemampuan siswa dalam membaca dan mengingat, kurangnya perhatian orang tua, kurangnya kemampuan guru dalam menyajikan proses pembelajaran, dan minimnya sarana dan prasarana yang disediakan oleh sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ej

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berfokus pada publikasi hasil penelitian dari praktik (model) pendidikan dan pengajaran di Indonesia. Jurnal ini menerbitkan artikel yang menarik bagi praktisi pendidikan (Mahasiswa, Dosen, guru,) pembuat kebijakan pendidikan, dan peneliti yang diterbitkan pada bulan Juni dan Desember. ...