ALPHATEACH (JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN DAN KEGURUAN)
Vol 2 No 1 (2022): ALPHATEACH (JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN DAN KEGURUAN)

PERANAN SHALAWATAN SEBAGAI MEDIA PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DALAM MAJELIS SHALAWAT DIPONDOK PESANTREN MADRASATUL QUR’AN KERTEK TAHUN 2022

Yusuf Alam Mahdiyan (Unknown)
Moh Sakir (Unknown)
Ahmad Robihan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Pembacaan shalawatan secara bersama – sama dalam Majelis Shalawat Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Kertek adalah salah satu upaya untuk mengetahui efektifitas dalam pembinaan akhlak Santri. Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian berbasis lapangan atau sering disebut dengan Field Research dan penelitian ini merupakan penelitian denganjenis kualitatif. Metode yang digunakan oleh penulis dalam pengerjaan penilitian ini adalah dengan Metode Deskriptif dan pendekatan dari penelitian ini adalah dengan Pendekatan Kualitatif Deskriptif. Kemudian sumber yang digunakan penulis untuk Penelitian ini adalah berasal dari pendiri Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an, pengasuh, pimpinan yayasan, tokoh agama dan tokoh masyarakat Dusun Nongkosari Kertek. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara (in-depth interview), dokumentasi dan observasi. Setelah data terkumpul kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulanHasil penelitian yang dilakukan penulis menunjukan bahwa Pembacaan shalawatan secara bersama – sama dalam Majelis Shalawat Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Kertekmengandung banyak nilai – nilai akhlak yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari seperti Nilai Kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, Nilai Syiar Islam, Nilai Silaturahim dan Ukhuwah Islamiyah, Nilai Sopan Santun,kejujuran dan Nilai Pengetahuan Sejarah Nabi Muhammad SAW

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alphateach

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Jurnal ALPHATEACH menerbitkan artikel atau karya ilmiah hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam bidang Pendidikan ...