jurnal pokok anggur
Vol 1 No 2 (2020): Juni 2020

PENGARUH PENGGUNAAN TEORI BELAJAR SIBERNETIK TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN PAK SISWA KELAS X-XI DI SMA KASIH DEPOK

syukurman zebua (sekolah tinggi teologi pokok anggur jakarta)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2023

Abstract

  Pendidikan Agama Kristen (PAK) merupakan faktor penting untuk membentuk karakter siswa yang bertakwa dan berahlak mulia. Sasaran Pendidikan Ajaran Kristen adalah tercapainya tujuan seperti yang terkandung dalam perjanjian anugerah, yakni supaya anak-anak belajar melayani Allah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan teori belajar sibernetik terhadap kualitas pembelajaran PAK siswa kelas X-XI di SMA Kasih Depok. Populasi penelitian adalah siswa Kelas X-XI SMA Kasih Depok berjumlah 80 orang dan mengambil 50 orang sebagai sampelnya. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dengan alat pengumpulan data yaitu angket berupa beberapa pernyataan untuk variabel X dan Y, maka diperoleh hasil nilai R = 0,406; hubungan ini masuk dalam kategori sedang. Hasil nilai R Square = 0,165. Ini termasuk dalam kategori hubungan yang sangat lemah. Nilai sig. (0,000) < α (0,05), artinya hubungan ini merupakan hubungan yang tidak kebetulan semata. Jadi, dapat disimpulkan kedua variabel yaitu Penggunaan Teori Belajar Sibernetik (X) dan Kualitas Pembelajaran (Y) mempunyai hubungan yang signifikan. Hal ini dapat menjadi suatu pertimbangan bagi setiap guru dalam mengemban tugasnya sebagai tenaga pengajar dengan menggunakan teori Sibernetik. Dengan kata lain, penggunaan teori belajar Sibernetik memberi kontribusi yang positif terhadap kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Kristen siswa kelas XXI di SMA Kasih Depok. Jadi, guru bidang studi sebaiknya menerapkan dan mengembangkan pembelajaran sibernetik teori-praktek untuk membantu siswa mampu berpikir kritis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPA

Publisher

Subject

Religion Education

Description

JURNAL POKOK ANGGUR merupakan jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Teologi Pokok Anggur untuk mempublikasikan penelitian para dosen dan peneliti yang terbit di setiap akhir semester atau dua kali dalam setahun. JURNAL POKOK ANGGUR adalah Jurnal peer-review yang merupakan media bagi peneliti dan ...