Gumbo merupakan sebuah masakan khas New Orleans yang sudah dikonsumsi dari masa ke masa. Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman makanan ini mulai tergerus oleh jenis makanan yang baru. Gumbo sepatutnya menjadi daya tarik utama wisata kuliner di New Orleans melalui cita rasa yang unik, latar belakang sejarah, dan penampilan yang menarik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif observatif dengan cara mengobservasi beberapa restoran yang menghidangkan Gumbo serta wawancara bersama wisatawan dari negara yang berbeda mengenai persepsi mereka terhadap Gumbo. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu teori Persepsi Wisatawan dan teori Dimensi Wisata Kuliner. Hasil penelitian mengemukakan bahwa Gumbo secara efektif menguasai persepsi wisatawan yang tertuang dari elemen motivasi fisik, motivasi budaya, motivasi interpersonal, dan motivasi status dan martabat. Adapun faktor pendukung utama Gumbo sebagai daya tarik kuliner ialah aksesibilitas serta keunikan cita rasa yang ditawarkan oleh Gumbo. Sedangkan faktor penghambat Gumbo sebagai daya tarik kuliner New Orleans ialah harga dan pemilihan desain interior yang kurang menjelaskan latar belakang sejarah makanan tersebut. Walaupun seperti itu, Gumbo dapat dikategorikan sebagai salah satu makanan yang menjadi daya tarik wisata kuliner di New Orleans.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023