Pedagogik : Jurnal Pendidikan dan Riset
Vol. 1 No. 1 (2023)

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) DI SD NEGERI SIMPANG EMPAT

Satinem (UPTD SD Negeri 013863 Silo Bonto)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan keterampilan proses siswa melalui penerapan strategi pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) di SD Negeri Simpang Empat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah murid dan guru. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan yaitu tes “t” dengan menggunakan program SPSS. Dari analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar murid yang signifikan setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe (STAD) dengan pendekatan keterampilan proses dibandingkan dengan sebelum dilaksanakan pembelajaran kooperatif tipe (STAD) dengan sebelum pendekatan keterampilan proses. Dapat dilihat dari rata-rata (mean) sebelum pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan keterampilan proses lebih kecil dari pada mean setelah pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan keterampilan proses. Di mana mean sebelumnya 56.85 dan mean sesudanya mean 70.28 dari hasil analisis data menggunakan SPSS.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education and Community Dedication. Articles published in journals are the results of research or areas of educational and comunity dedication ...