Tujuan penelitian adalah mendiskripsikan pembelajaran Tematik Terpadu berbasis lingkungan untuk perolehan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik di SD. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitiatif dan subjek penelitian terdiri dari peserta didik dan guru di SDN 3 Sambung Jawa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pembelajaran Tematik Terpadu berbasis Lingkungan peserta didik termotivasi dan mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti kemampuan menganalisis, kemampuan mengevaluasi, dan kemampuan berkreasi. Dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran Tematik Terpadu berbasis Lingkungan sebagaian besar peserta didik mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi berupa menganalisis, mengevaluasi, berkreasi/mencipta, dan pembelajaran Tematik Terpadu berbasis Lingkungan sangat baik untuk diterapkan karena peserta didik dapat berpikir secara sceintifik untuk menghindari pola pikir menghafal dan mengingat.
Copyrights © 2023