Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada siswa Kelas VIID SMPIT Insan Kamil Karanganyar, diketahui bahwa kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa di kelas tersebut masih tergolong rendah. Hasil observasi tersebut dijadikan sebagai motivasi peneliti dalam dalam melaksanakan penelitian di sekolah tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf naratif melalui metode pembelajaran mind mapping berbasis teknologi informasi yang diterapkan di kelas VIID SMPIT Insan Kamil Karanganyar. Penelitian ini direncanakan pelaksanaannya sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMPIT Insan Kamil Karanganyar tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, analisis dokumen dan wawancara. Penerapan metode pembelajaran mind mapping berbasisteknologi informasi dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi. Hal ini ditunjukkan dari hasil nilai rata-rata keseluruhan dan nilai tes akhir yang mengalami peningkatan. Pencapaian rata-rata hasil tes siklus I 71,75 meningkat menjadi 80,65 pada siklus ke II.
Copyrights © 2023