Tujuan dalam penelitian eksperimen semu ini adalah untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Team Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah siswa berbentuk uraian. Pokok bahasan yang diajarkan adalah matriks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Swasta Harapan Stabat, sampel eksperimen A berjumlah 35 orang dan sampel eksperimen B berjumlah 33 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen A 44,99 dan rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen B 68,03. Setelah dilakukan uji-t diperoleh t hitungĀ  7,628 dan ttabel 1,996. Hal ini menunjukkan thitungĀ  > ttabel dan dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dalam penelitian ini terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TGT.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023