INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan)
Vol. 1 No. 1 (2023): MARET 2023

PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

mardiana M.Pd (STKIP BUDIDAYA)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2023

Abstract

Tujuan dalam penelitian eksperimen semu ini adalah untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Team Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah siswa berbentuk uraian. Pokok bahasan yang diajarkan adalah matriks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Swasta Harapan Stabat, sampel eksperimen A berjumlah 35 orang dan sampel eksperimen B berjumlah 33 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen A 44,99 dan rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen B 68,03. Setelah dilakukan uji-t diperoleh t hitungĀ  7,628 dan ttabel 1,996. Hal ini menunjukkan thitungĀ  > ttabel dan dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dalam penelitian ini terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TGT.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education

Description

INDOPEDIA : Journal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Education and Teaching. Scopes INDOPEDIA : Journal ...