Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Educations (RME), serta untuk mengetahui valid dan praktisnya modul pembelajaran dengan pendekatan RME berbasis etnomatematika pada budaya Jambi. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahapan pengembngan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa modul yang dirancang diperoleh persentase 96,38%, dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas perorangan dengan salah seorangan gru matematika diperoleh persentase 97,50%, dengan kategori sangat praktis dan hasil uji coba kelompok kecil oleh 9 orang siswa diperoleh persentase 93,89%, dengan kategori sangat praktis. Nilai akhir uji praktikalitas diperoleh persentase 94,25%, dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas yang dilakukan, diperoleh bahwa modul dikategorikan sangat valid karena berada pada interval dan modul dikatakan sangat praktis karena seluruh aspek terlaksana sepenuhnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran dengan pendekatan RealisticMathematic Educations berbasis etnomatematika pada budaya Jambi pada materi bangun datar segi empat kelas VII SMPN 6 Batanghari dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023