Penelitian ini bertujuan: 1.) untuk mengetahui peran guru dalam mengatasi dampak negatif gadget terhadap interaksi sosial anak usia 4-5 tahun di TK Hardiyanti. 2.) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung interaksi sosial anak usia 4-5 tahun di TK Hardiyanti. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini berfokus pada peran guru dalam mengatasi dampak negatif gadget terhadapat interaksi sosial anak usia 4-5 tahun serta faktor penghambat dan pendukung interaksi sosial anak usia 4-5 tahun di TK Hardiyanti. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentai. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa peran guru yang dilakukan disekolah yakni (1) menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, (2) menciptakan pembelajaran yang bervariasi, (3) memberikan nasehat dan arahan kepada peserta didik serta (4) menjalin kerjasama dengan orang tua anak, hal ini mampu mengatasi dampak negatif gadget terhadap interaksi sosial anak-anak. Peran guru diatas terlihat pada kemampuan anak didalam menjalin komunikasi, kerjasama, simpati dan empati. Selain itu ada beberapa faktor penghambat dan pendukung interaksi sosial anak, faktor penghambat yaitu seperti anak kurang percaya diri, perilaku anak dan penggunaan gadget secara berlebihan, sedangkan faktor pendorong yaitu seperti hubungan dengan teman, dorongan dari guru, dan lingkungan yang mendukung.
Copyrights © 2023