INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan)
Vol. 1 No. 4 (2023): DESEMBER 2023

PENGARUH MODEL ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT AND SATISFACTION (ARIAS) TERHADAP KEMAMPUAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI BADOKKA

Findiarti (Universitas Islam Makassar)
Jusmaniar N (Universitas Islam Makassar)
Ira Irviana (Universitas Islam Makassar)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV di SD Negeri Badokka. 2) Untuk mengetahui pengaruh model ARIAS terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV di SD Negeri Badokka. Jenis penelitian eksperimen dan adapun objek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Baddoka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistic deskriptif dan inferensial berupa uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Gambaran penerapan model pembelajaran assurance, relevance, interest, assesment and satisfaction (arias) terhadap kemampuan hasil belajar pada mata pelajaran ipa siswa kelas IV SD negeri Badokka. dikategorikan sangat baik, karena adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa dibandingkan sebelum penerapan model pembelajaran assurance, relevance, interest, assesment and satisfaction (arias). (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran assurance, relevance, interest, assesment and satisfaction (arias) terhadap kemampuan hasil belajar pada mata pelajaran ipa siswa kelas IV SD negeri Badokka berdasarkan nilai uji t yang menunjukan nilai signifikansi (2-talled) lebih kecil dibandingkan 0,05 (0,000<0,05).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education

Description

INDOPEDIA : Journal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Education and Teaching. Scopes INDOPEDIA : Journal ...