Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan belajar siswa kelas IX MTsS Nurul Islam Wuluhan dalam mempelajari mata pelajaran matematika pada materi peluang. Jenis dan pendekatan dalam penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket/kuisioner, wawancara, tes, dan dokumentasi, sedangkan untuk pengolahan data menggunakan rumus persentase . Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan yang dihadapi siswa kelas IX Matematika dalam materi peluang adalah kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan dalam memasukkan rumus yang sesuai dengan pertanyaan, dan kesulitan siswa dalam memahami bahasa dalam matematika (menggunkan operasi hitung yang benar, dalam proses belajar guru hanya mencatat pada papan tulis, kemudian siswa kurang keinginannya dalam mempelajari pelajaran tersebut sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa terbukti adanya kesulitan pada pelajaran matematika pada materi peluang di kelas IX MTsS Nurul Islam Wuluhan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023