GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 1 No 02 (2023): APRIL 2023

S SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN STRATEGI LITERASI BAGI GURU SDN LINDUK KECAMATAN PONTANG

Ana Nurhasanah nurhasanah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yuni Maryuni (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2023

Abstract

Melihat masih rendahnya tingkat literasi siswa disekolah, agar siswa tidak tertinggal dalam perkembangan-nya, peningkatan kemampuan literasi siswa benar-benar diperlukan. Untuk itu, guru perlu mengetahui strategi-strategi literasi apa saja yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi literasi. Pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk mensosialisasikan strategi literasi dan memberikan pendampingan terhadap guru sehingga memberikan  alternatif  solusi terhadap strategi literasi yang dapat diterapkan di SDN Linduk Kecamatan Pontang. Metode  pelaksanaan  pengabdian  dilakukan dengan tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan penyampaian materi, dan diskusi evaluasi. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi literasi yang diterapkan di sekolah dasar dalam meningkatan pemahaman siswa, terdiri atas 3 tahap yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Faktor pendukung adalah semangat peserta didik, dukungan guru, adanya fasilitas fisik dan sarana prasarana, serta anggaran yang memadai. Faktor penghambat adalah masih adanya peserta didik kurang bersemangat, rendahnya pemahaman dan kesadaran guru terhadap pentingnya kegiatan literasi, keterbatasan sarana fisik, dan kurangnya dana yang dimiliki sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Religion Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Gembira: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Gembira, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...