Melihat masih rendahnya tingkat literasi siswa disekolah, agar siswa tidak tertinggal dalam perkembangan-nya, peningkatan kemampuan literasi siswa benar-benar diperlukan. Untuk itu, guru perlu mengetahui strategi-strategi literasi apa saja yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi literasi. Pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk mensosialisasikan strategi literasi dan memberikan pendampingan terhadap guru sehingga memberikan alternatif solusi terhadap strategi literasi yang dapat diterapkan di SDN Linduk Kecamatan Pontang. Metode pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan penyampaian materi, dan diskusi evaluasi. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi literasi yang diterapkan di sekolah dasar dalam meningkatan pemahaman siswa, terdiri atas 3 tahap yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Faktor pendukung adalah semangat peserta didik, dukungan guru, adanya fasilitas fisik dan sarana prasarana, serta anggaran yang memadai. Faktor penghambat adalah masih adanya peserta didik kurang bersemangat, rendahnya pemahaman dan kesadaran guru terhadap pentingnya kegiatan literasi, keterbatasan sarana fisik, dan kurangnya dana yang dimiliki sekolah.
Copyrights © 2023