PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol. 1 No. 03 (2023): SEPTEMBER 2023

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN BACAAN SISWA SDIT BUDI MULYO KELAS III MELALUI BIG BOOK IN CLASS

Adzani Nur Faidati (Universitas Nahdlatul Ulama)
Nur Ariffah (Universitas Nahdlatul Ulama)
Lutfika Istiqomah (Universitas Nahdlatul Ulama)
Mustamid (Universitas Nahdlatul Ulama)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2023

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah siswa mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan. Salah satu faktor yang menjadi penyebab masalah tersebut adalah kurangnya inovasi pembelajaran dari guru. Melalui program pengabdian kepada masyarakat berupa pembelajaran melalui big book, siswa diharapkan lebih tertarik dan meningkat pemahaman bacaannya. Lokasi dan sasaran pengabdian ini adalah siswa kelas III SD IT Budi Mulyo. Metode yang digunakan untuk pelaksanaan pangabdian ini meliputi Need Assessment, Riset dan Pengembangan Big Book, Pemetaan Kemampuan Awal Siswa, Pelaksanaan Big Book in Class, dan evaluasi. Pelaksanaan penggunaan media big book diawali dengan menanyakan ke siswa untuk memprediksi isi cerita dalam big book. Selanjutnya mahasiswa memberikan contoh membaca big book dan siswa membaca isi cerita pada setiap halaman. Kegiatan terakhir yaitu melakukan refleksi isi bacaan tersebut. Berdasarkan hasil rata-rata nilai pre-test siswa adalah 58,64 kemudian hasil rata-rata nilai post-test siswa adalah 77.73. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan media big book kemampuan siswa dalam memahami bacaan meningkat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Energy Engineering Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Pekat PKM: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Pekat, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...