Latar belakang di adakan Pendampingan baca tulis Al- Quran ini karena kurangnya kemampuan peserta didik dalam membaca huruf AL-Quran di SDN 26 kuamang kecamatan VII koto kabupaten tebo. Tujuan pendampingan ini memberikan pelatihan baca tulis al-qur’an dengan menggunakan metode iqro dalam rangka meningkatkan kemahiran baca tulis al-qur’an peserta didik kelas 1 dan 2 di SDN 26 kuamang serta mengembangkan mekanisme pembelajaran menjadi efektif dan efesien. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini pendekatan Participatory Action Research (PAR) dengan pembagian kelompok belajar dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari kelompok putra dan kelompok putri, setiap kelompok disesuaikan dengan kemampuan membaca dari iqro 1-6. Hasil pendampingan menunjukan adanya peningkatan kemampuan peserta didik dalam hal baca tulis al-quran menggunakan metode iqro. Selain itu, tercipta pula sistematika pembelajaran yang efektif dan efesien yang diterapkan di SDN 26 kuamang dengan sistem pembelajaran berkelompok.
Copyrights © 2023