Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional
Vol 5, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Evaluasi Implementasi Pembelajaran Online Dengan CIPP Model Pada Program Studi Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung

Lutfiah Agustin Hidayah (Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung)
Undang Rosidin (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung)
Margaretha Karolina Sagala (Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung)
Rangga Firdaus (Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan sistem pembelajaran daring ditinjau dari konteks (context), masukan (input), proses (process), dan hasil (product) pada Program Studi Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner (angket), wawancara, observasi dan dokumentasi. Kuesioner (angket) disusun berdasarkan model evaluasi CIPP yaitu Context, Input, Process, dan Product dengan menggunakan skala likert yaitu dengan lima alternatif jawaban. Berdasarkan hasil Tingkat Pencapaian Responden (TPR), indikator context evaluation rata-rata 85,49 kategori baik, input evaluation rata-rata 85,49 kategori baik, indikator process evaluation rata-rata sebesar 85,49 kategori baik, dan indikator product evaluation rata-rata sebesar 87,64 kategori baik. Sehingga, sistem pembelajaran daring harus selaras dengan kebutuhan Program Studi Pendidikan Profesi Guru termasuk memahami karakteristik mahasiswa, kurikulum program, dan infrastruktur teknologi yang tersedia.  Sistem pembelajaran daring harus mencakup mekanisme evaluasi dan pemantauan yang efektif untuk mengukur kemajuan mahasiswa. Ketersediaan dan keandalan infrastruktur teknologi harus diperhatikan seperti akses internet, platform pembelajaran daring, dan perangkat keras pendukung lainnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPVTI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional (JPTIV), or in English: Journal of Education of Information Technology and Vocational, is a scientific publication media for researchers, lecturers, teachers, educational practitioners, and students, related to the issues around information ...