Coffee shop yang sudah menjamur di Tanjungpinang menyebabkan persaingan ketat jasa, hal tersebut mendorong pelaku UMKM untuk terus melakukan inovasi guna mendapatkan dan mengakuisisi pelanggan, salah satunya dengan menerapan Customer Relationship Management. Jurnal ini menggambarkan penelitian yang dilakukan untuk memahami implementasi dan dampak Customer Relationship Management (CRM) dalam konteks bisnis. Penelitian ini menyelidiki praktik manajemen hubungan pelanggan dalam perusahaan dan bagaimana hal itu memengaruhi hubungan dengan pelanggan serta dampaknya terhadap keberhasilan bisnis. Melalui analisis data yang melibatkan pengumpulan informasi dari berbagai sumber, penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana perusahaan mengelola dan memanfaatkan informasi pelanggan untuk meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CRM secara efektif dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap keberhasilan bisnis dan meningkatkan nilai pelanggan. Implikasi praktis dan saran untuk penelitian lebih lanjut juga dibahas dalam jurnal ini.
Copyrights © 2024