Peserta didik mengalami ketidaknyamanan dalam bersekolah akan berdampak pada hilangnya konsentrasi belajar dan dapat berpengaruh pada merosotnya nilai yang akan diperoleh karena itu dibutuhkan kerja sama antara Kepala Sekolah dengan guru untuk menciptakan iklim belajar kondusif di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas tentang upaya mewujudkan iklim belajar kondusif melalui sinergitas Kepala Sekolah dan guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) di SMK Kristen Soe, yang menggunakan metode kualitatif dengan mewawancarai 1 orang Kepala Sekolah dan 5 orang guru PAK. Data dianalisis secara reduktif dengan mendeskripsikan hasil penelitian bahwa Kepala Sekolah dan guru PAK telah bersinergi untuk menciptakan iklim belajar kondusif di SMK Kristen Soe berdasarkan indikatornya, antara lain: telah menciptakan suasana pembelajaran jauh dari kegaduhan, mendorong siswa saling menghargai satu sama lainnya, memastikan siswa tidak kuatir saat berinteraksi dengan guru, terjaganya kerapian kelas, melatih siswa memiliki keteraturan meminta izin terlebih dahulu sebelum beraktifitas di luar kelas. Sinergitas yang dibangun antar Kepala Sekolah dan Guru berdasarkan indikator-indikator tersebut mampu mewujudkan iklim belajar yang kondusif di SMK Kristen Soe.
Copyrights © 2023