Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 2 No. 1 (2023): Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia

Motif generasi z menggunakan akun twitter @ohmybeautybank sebagai media informasi kecantikan

Akhaya Noella Hermawan (Universitas Padjadjaran)
Edwin Rizal (Universitas Padjadjaran)
Rully Khairul Anwar (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif serta makna dalam menggunakan @ohmybeautybank sebagai media informasi kecantikan dikalangan generasi z. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi motif Schutz yaitu motif sebab (because of motives) dan motif tujuan (in order to motives). Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknis analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari keenam informan yang diwawancarai terdapat empat informan yang memiliki motif sebab (because of motives) dalam menggunakan @ohmybeautybank sebagai media informasi kecantikannya. Sedangkan dua informan lainnya memiliki motif tujuan (in order to motives) dalam menggunakan @ohmybeautybank sebagai media informasi kecantikan mereka. Adapun makna bagi generasi z ketika menggunakan @ohmybeautybank sebagai media informasi kecantikan adalah karena @ohmybeautybank dapat menjadi media informasi kecantikan yang memiliki beragam informasi kecantikan yang informatif, adanya honest review terkait suatu produk kecantikan dari followers @ohmybeautybank lainnya, serta untuk berbagi pengalaman dan opini mereka dalam hal dunia kecantikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nautical

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Engineering

Description

1. Humanities and social sciences 2. Contemporary political science 3. Education science 4. Religion and philosophy 5. engineering science 6. Business and economy 7. cooperative 8. technology 9. HR Development 10. Design and media ...