Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 6 No. 3 (2023): November

Teknik Circle the Sage Meningkatkan Prestasi Membaca Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Jayanta, I Nyoman Laba (Unknown)
Sudiana, I Nyoman (Unknown)
Putrayasa, Ida Bagus (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Membaca merupakan alat untuk memperluas pengetahuan pembaca dan membantu pembaca untuk berkomunikasi dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh teknik Circle the Sage terhadap prestasi membaca. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group. Siswa kelas VI sekolah dasar merupakan populasi dalam penelitian ini. Untuk memilih sampel penelitian, dilakukan metode cluster random sampling. Dua kelas yang menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dipilih dari tiga kelas. Proses pemilihan kelompok dilakukan dengan cara pengundian. Kelompok pertama diajar dengan teknik Circle the Sage, sedangkan kelompok kedua diajar dengan menggunakan teknik three-phase. Uji normalitas dan homogenitas dilakukan untuk mengetahui sebaran data dan homogenitas sampel, sedangkan uji t bertujuan untuk mengetahui perbedaan kedua sampel. RPP dan post-test adalah instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Selain itu, hasil statistik inferensial juga menunjukkan bahwa Hipotesis Nol penelitian ditolak karena t-hitung lebih besar dari t-tabel.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...