Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Standar Etika Pelayanan Karyawan Hotel Rauda Pekanbaru, Untuk mengetahaui penerapan Etika pelayanan di Hotel Rauda Pekanbaru, dan untuk mengetahui Tinjauan Ekonomi Islam terhadap standar dan penerapan Etika Pelayanan Karyawan berdasarkan prinsip syariah. Populasi dalam penelitian yaitu tamu Hotel Rauda sebanyak 40 orang dengan teknik Acidental Sampling. jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder . Teknik pegumpulan data yaitu Observasi, Wawancara, Angket, Studi kepustkaan. Analisa yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa standar etika pelayanan karyawan Hotel Rauda Pekanbaru sudah menjalankan tugas masing-masing sesuai dengan bidangnya sesuai SOP Standar Operation Procedure. Penerapan Etika pelayanan pada Hotel Rauda Pekanbaru terdiri dari: prinsip persamaan, ramah-tamah dalam melayani, kesopanan, mengunakan tutur kata yang baik, sabar dalam melayani permintaan tamu, adanya rasa aman dan nyaman untuk para tamu, adanya kerja sama atau tolong menolong antar bagian, melayani dengan wajah yang berseri, dan tidak berat hati dalam melayani telah dilaksanakan dengan baik oleh para karayawan Hotel Rauda Pekanbaru, namun kecepatan dalam melayani tamu kadang-kadang masih lambat dan belum maksimal. Tinjauan Ekonomi Islam tentang Penerapan Etika Pelayanan Karyawan berdasarkan prinsip syariah diterapkan diantaranya adanya prinsip persamaan tanpa membeda-bedakan tamu hotel, ramah dalam melayani, sopan, sabar, adanya rasa aman dan nyaman , prinsip Kerjasama atau tolong menolong antara bagian, Mengunakan tutur kata yang lembut dan tabasuum. Namun, ada temuan penulis bahwa belum ada standar yang baku dari Dsn- Mui menegnai Hotel Syariah dan masih adanya biaya yang dikeluarkan untuk melebelkan hotel syariah.
Copyrights © 2021