Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap strategi pengembangan usaha yang dilakukan dan melihat bagaimana perspektif pendidikan Islam terhadap strategi pengembangan pondok pesantren Nurul Iman Parung di era disrupsi. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif. Penelitian ini juga menggunakan telaah literatur (literature review) dari berbagai penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Metode analisis deskriptif merupakan metode analisis data yang dilakukan dengan menyusun data yang diperoleh kemudian diinterpretasikan dan dianalisis sehingga memberikan informasi bagi pemecahan masalah yang dihadapi. Berdasarkah hasil penelitian diketahui strategi pengembangan usaha yang dilakukan pondok pesantren Nurul Iman Parung terdiri dari 4 strategi yaitu 1). Melakukan pengembangan ide usaha, 2). Melakukan perluasan skala usaha; 3). Perluasan cakupan usaha; 4). Perluasan melalui kerjasama. Strategi pengembangan pondok pesantren di era disrupsi dalam perspektif pendidikan Islam telah terimplementasi dengan baik diawali dengan membuat software khusus untuk pengelolaan pendidikan yang menunjang proses pembelajaran selanjutnya membuat kelas digital dan melakukan pengembangan sarana dan prasarana digital yang semuanya akan berdampak pada proses pembelajaran yang ada di dalam pesantren.Tujuan dari pendidikan Islam dan kurikulum pendidikan Islam pun telah diterapkan dengan baik di Pesantren Nurul Iman.
Copyrights © 2023