Penelitian tindakan kelas ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran inovatif Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi bioteknologi pada peserta didik kelas IX C SMP Negeri 3 Batang. Penelitian ini dilakukan dalam tiga proses yaitu pelaksanaan prapenelitian, pelaksanaan siklus I dan pelaksanaan siklus II. Dimulai dari prapenelitian untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar dengan metode ceramah dan diskusi, untuk selanjutnya dapat menentukan langkah pembelajaran yang akan dilakukan dalam pelaksanaan siklus I dan II kemudian diteliti apakah ada peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran inovatif Project Based Learning (PjBL). Data hasil kerja peserta didik dianalisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan tujuan mendapatkan kesimpulan akan keefektifan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar peserta didik diperoleh hasil analisis data siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 3,42 dengan kategori cukup aktif dan aktivitas peserta didik pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 4,00 dengan kategori aktif. Hasil penelitian evaluasi belajar peserta didik siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,25 dan siklus II sebesar 90. Nilai ketuntasan hasil belajar peserta didik dari siklus I sebanyak 25 peserta didik dengan persentase sebesar 78%, sedangkan hasil ketuntasan belajar peserta didik meningkat pada siklus II sebanyak 30 peserta didik dengan persentase sebesar 94%, sehingga terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 16%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inovatif Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi Bioteknologi.
Copyrights © 2023