Journal of Automotive Technology Vocational Education
Vol. 1 No. 1 (2020): April 2020

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Didik Rohmantoro (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia.)
Sapitri Januariyansah (Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan, Indonesia.)
Dwiki Muda Yulanto (Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh media pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto jenis correlational study dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampel menggunakan teknik Slovin dengan probabilitas random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Validitas instrument menggunakan expert judgment dan uji coba lapangan. Reliabilitas menggunakan teknik cronbach’s alpha. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara (1) X1 terhadap Y dengan nilai R= 0,279 (rendah) dan R2= 0,078; (2) X2 terhadap Y dengan nilai R= 0,546 (sedang) dan R2= 0,299 dan; (3) X1 dan X2 terhadap Y dengan nilai R= 0,592 (sedang) dan R2= 0,351dengan persamaan regresi Y = 2,971 + 0,001X1 + 0,003X2. Pada penelitian ini media pembelajaran dan kecerdasan emosional memberikan sumbangan yang kecil. Namun, pembentukan keduanya penting untuk bekal siswa setelah lulus.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jatve

Publisher

Subject

Automotive Engineering Engineering

Description

Teaching and Learning at TVET: studying theory and strategy; curriculum development; development of learning media; teaching methods; character education on TVET; industrial internship; work based learning; e-learning development for TVET; technology-based entrepreneurship based learning; school ...