Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (research and development) dengan menggunakan tahapan ADDIE. Tujuan pengembangan dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran sistem starter berbasis problem solving yang layak digunakan pada pembelajaran mata kuliah teknologi sepeda motor.Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif Universitas PGRI Yogyakarta pada pebelajaran mata kuliah teknologi sepeda motor. Data dari penelitian ini diperoleh dari 2 validator yaitu ahli teori dan media, 1 dosen mata kuliah teknologi sepeda motor dan 6 mahasiswa program studi pendidikan vokasional teknologi otomotif.Berdasarkan hasil penelitian, ditunjukan bahwa media pembelajaran sistem starter berbasis problem solving yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran mata kuliah teknologi sepeda motor. Hal ini dapat dilihat hasil validasi oleh para ahli yaitu validasi teori sebesar 85.00% dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil dari validasi media sebesar 86.67% dengan kategori sangat baik. Media pembelajaran yang telah dikembangkan memenuhi kriteria praktis dan efektif digunakan pada pembelajaran mata kuliah teknologi sepeda motor. Hal ini dapat dilihat dari hasil respon dosen mata kuliah teknologi sepeda motor sebesar 85.00% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil responden mahasiswa sebesar 99.33% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran, sistem starter.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023