Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain atau rancangan mediapapan angka dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dinidan mengetahui tingkat kelayakan media papan angka dalammeningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di TK Negeri PembinaTurekisa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan denganmenggunakan model ADDIE yang terdiri atas tahap Analyze, Design,Development, Implementation, dan Evaluation. Analisis data yangdigunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkanpenilaian atau uji coba dengan ahli materi, bahwa produk yangdikembangkan berada pada kategori “valid” dengan skor nilai 82,2%. Ujicoba dengan ahli media berada pada kategori “sangat valid” dengan skornilai 86%. Uji coba ahli desain berada pada kategori “valid” berada padaskor 86,67%. Penilaian untuk buku panduan dari ahli materi berada padakategori “sangat valid” dengan skor nilai 96,6%, penilaian buku panduandari ahli media dan desain berada pada kategori “valid” dengan jumlahskor 84%. Uji coba ahli perseorangan berada pada kategori “sangat valid”jumlah skor 100%. Uji coba ahli kelompok kecil berada pada kategori“sangat valid” jumlah skor 100%. Dengan demikian dapat disimpulkanbahwa media papan angka yang dikembangkan dinyatakan layak untukdigunakan dalam meningkatkan kemampuan kognitif.
Copyrights © 2022