Penelitian ini bertujuan menghasilkan media flipchart dan mengetahui kelayakan dari produk tersebut dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan bahasa dalam menyebutkan simbol–simbol huruf yang dikenal pada anak usia 5–6 tahun di TKK satu atap SDI Lebijaga. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 orang. Metode analisis data menggunakan model pengembangan ADDIE. Dengan adanya media flipchart dapat mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia dini, hal ini dapat dilihat dari uji kelayakan dari ahli materi dengan persentase 96% berada pada kategori Sangat valid, ahli media dengan persentase 83% berada pada kategori valid dan ahli desain pembelajaran dengan persentase 96% berada pada kategori sangat valid. Berdasarkan pada uji coba pengguna produk pada uji perorangan dengan persentase 100% berada pada kategori sangat valid dan uji coba kelompok kecil dengan persentase 100% pada kategori sangat valid. Dengan demikian hasil uji coba media flipchart yang di lakukan oleh ahli dan siswa sebagai pengguna produk dinyatakan layak untuk dipergunakan dalam proses pembelajaran di TKK.
Copyrights © 2022