Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendesain atau merancang media kartu huruf yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TKK Negeri St. Fransiska Tarawaja. 2) Mengetahui tingkat kelayakan media kartu huruf untuk meningkatkan aspek membaca permulaan pada anak usia 5-6 Tahun di TKK Negeri St. Fransiska Tarawaja. Jenis penelitian pengembangan, model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu huruf yang digunakan dalam meningkatkan aspek membaca permulaan kelompok B di TKK Negeri St. Fransiska Tarawaja dikategorikan layak berdasarkan aspek yang sudah divalidasi dan diuji coba. Berdasarkan hasil uji coba ahli materi memperoleh persentase 90 % dengan kriteria “ Sangat Valid”, penilaian dari ahli media memperoleh 94,28 % dengan kategori “ Sangat Valid”, penilaian dari ahli desain memperoleh 80 % dengan kriteria “ Valid”, penilaian pada uji coba perorangan memperoleh persentase 85,71 % dengan kriteria “ Valid”, dan penilaian pada uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 83,3 % dengan kriteria “ Valid”. Dari hasil tesebut menunjukkan bahwa media kartu huruf layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan aspek membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TKK St. Fransiska Tarawaja.
Copyrights © 2023