ABSTRAK Di era perkembangan zaman dan kemajuan teknologi mempengaruhi kualitas belajar siswa cenderung menurun. Hal ini juga dapat mempengaruhi pembelajaran di kelas menjadi kurang efektif dan menyenangkan. Tujuan pembelajaran yang sudah di buat oleh guru tidak akan tercapai. Maka upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang efektif dan menyenangkan guru memilih metode yang tepat dalam pembelajaran IPA kelas III SD. Metode yang digunakan adalah metode demonstrasi dimana metode demonstrasi di kenal sebagai metode yang dapat melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. Siswa dihadapkan langsung dengan masalah yang terjadi dan mendemonstrasikan permasalahan yang terjadi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, artikel ini bertujuan untuk mengkaji tentang cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang menyenangkan dengan menggunakan metode demonstrasi. Penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA dapat memberikan gambaran dan menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dimana siswa menjadi semangat dalam mendemonstrasikan permasalahan yang terjadi, berani bertanya mengenai hal-hal yang belum dipahami.
Copyrights © 2023