Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas siswa dan prestasi belajar mereka serta melalui model kooperatif pembelajaran tipe TPS dibantu dengan  *Penulis korespondensi : Evrialiani Rosba. Prodi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera baratEmail: rosba.evrialiani@gmail.comVol. 1, No. 1, 2015                                         Peningkatan Hasil Belajar dengan Think Pair Share lembar kerja siswa. Berdasarkan penelitian peneliti sebelumnya di SMP Taman Siswa Padang, ditemukan kegiatan dengan jumlah siswa dalam memperhatikan penjelasan guru dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang masih rendah. Akibatnya, para siswa tidak mampu memahami konsep pembelajaran secara optimal dan prestasi mereka yang rendah dalam belajar. Ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan terhadap mahasiswa tahun pertama di SMP Taman Siswa Padang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, bertindak, mengamati dan refleksi. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti terhadap siswa pada kegiatan belajar dari siklus I ke siklus II, ada peningkatan jumlah kegiatan siswa yang terdiri dari dua indikator: kegiatan memperhatikan penjelasan guru 67% dan kegiatan dalam menyelesaikan lembar kerja siswa 79%. Kegiatan siswa dalam siklus pertama dalam kategori baik. Pada siklus kedua, ada empat indikator yang diamati: kegiatan siswa memperhatikan penjelasan guru 98%, kegiatan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja siswa100%,  kegiatan  siswa  dalam  membahas  84%  dan  kegiatan  siswa  dalam mengoreksi lembar kerja siswa 100%. Kegiatan siswa dalam siklus kedua adalah dalam kategori sangat baik. Prestasi belajar siswa meningkat dari 50% pada siklus I  menjadi  83%  pada  siklus  II.  Berdasarkan  hasil  penelitian,  peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dibantu  dengan  worksheet  siswa  dapat  meningkatkan kegiatan tahun  pertama siswa dan prestasi belajar mereka pada pelajaran biologi di SMP Taman Siswa Padang.
Copyrights © 2016