Al-Qalam: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Vol. 1 No. 2 (2022): Juli - Desember 2022

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER PADA SISWA SMA NEGERI 2 TANJUNG JABUNG TIMUR

Arfah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah pembelajaran kooperatif model learning together berpengaruh terhadap hasil belajar PAI ? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran PAI dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model learning together? Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model learning together terhadap hasil belajar PAI . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran PAI setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model learning together Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,71%), siklus II (75,00%), siklus III (89,29%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alqalam

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Al-Qalam: merupakan Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam yang memuat karya ilmiah dan hasil penelitian ilmiah guru-guru yang tergabung pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Redaksi menerima hasil karya ilmiah, studi ...