Penelitian ini mengkaji Penerapan Metode Pembiasaan Perilaku Sopan Santun Anak Usia 5–6 Tahun di TK Al Amanah Nur Hamriani. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran penerapan metode pembiasaan guru Analisis Penerapan Metode Pembiasaan Perilaku Sopan Santun Anak Usia 5–6 Tahun. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan metode pembiasaan guru melaksanakan kegiatan yang dilakukan sehari-hari disekolah dengan cara pembiasaan rutin dimana pembiasaan ini diantaranya pembiasaan mengucapkan dan menjawab salam, pembiasan spontan dalam mengucapkan kata maaf, tolong dan terima kasih, serta pembiasaan keteladanan yang dilakukan oleh guru. Pembiasaan tersebut diberikan secara terus menerus dalam pelaksanaannya dan berulang-ulang pada anak untuk pembiasaan perilaku sopan santun. Hal tersebut disesuaikan dengan indikator pencapaian disesuaikan dengan usia anak dan nilai melalui kegiatan sehari-hari pada anak disekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023