Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Model pembelajaran Talking Chips pada materi Ilmu Pengetahuan Alam siswa MI dengan mengamati: (1) Aktivitas guru (2) Aktivitas siswa, dan (3) Hasil belajar siswa. Selain itu penelitian ini membahas penerapan model pembelajaran Talking chips secara konseptual berdasarkan penelitian. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui 2 siklus menggunakan model Kemmis & MC Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan pemberian soal tes. Analisis data menggunakan rumus rata-rata dan juga persentase. hasil penelitian menunjukkan bahwa: persentase aktivitas guru 41,25% pada siklus I, persentase nilai aktivitas siswa 16,66% pada siklus I. Persentase aktivitas guru 55% pada siklus II, persentase nilai aktivitas siswa 75% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 70 pada siklus I menjadi 80 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran Talking Chips pada materi Ilmu Pengetahuan Alam efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas IV MI Nurul Huda Bicabbi
Copyrights © 2023