Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi metode kooperatif dalam pembelajaran IPS sebagai solusi yang relevan untuk menghadapi tantangan pendidikan di era abad ke-21. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif dan kajian pustaka. Adapun dalam sistem mengumpulkan datanya dokumentasi dengan menggunakan analisis data deskriptif. Hasilnya dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial MI dalam menggunakan Metode Kooperatif menjadi salah satu metode alternatif bagi sebagian Guru untuk menghasilkan proses pembelajaran yang lebih efektif dan efesien.  Pembelajaran kooperatif  adalah metode pembelajaran dalam kelompok kecil  di mana setiap siswa saling berinteraksi  satu sama lain untuk melaksanakan tugas guru guna mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Harapannya adalah bahwa hasil penelitian ini dapat menjadi acuan dan panduan bagi pengembangan pembelajaran IPS di masa yang akan datang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023