Teknologi kecerdasan buatan menjadi trending yang dipakai dalam dunia pendidikan. Guru di sekolah dasar mulai banyak yang mengenal teknologi kecerdasan buatan dalam membantu pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mendeskripsikan efektifitas penggunaan teknologi kecerdasan buatan untuk dapat membantu guru pada saat mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripstif dengan teori substantif berdasarkan konsep-konsep yang timbul dari data empiris data diperoleh dari data sekunder dan literatur yang juga sesuai dengan kajian serta sesuai kondisi lapangan metode kajian pustaka dan menganalisis artikel dalam jurnal nasional maupun internasional. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan dapat menarik minat siswa untuk belajar dan mengenal literasi sains dan ketertarikan akan sains di lingkungan sekolah dasar dari beberapa materi yang disajikan pada kelas lima peningkatan literasi sains.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023