Abuya: Jurnal Pendidikan dasar
Vol. 1 No. 2 (2023): Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar

UPAYA MENINGKATKAN NUMERASI SISWA MELALUI IMPLEMENTASI BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS METODE DEMONSTRASI

Yaqin, Ainul (Unknown)
Moh Taufiqur Rohman2 (Unknown)
Siti Mailah (Unknown)
Retno Suci Rukmana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Numerasi merupakan problem yang klasik dan selalu menarik dibahas dalam implementasi bahan ajar matematika karena para siswa sekolah dasar cenderung mengalami kesulitan dalam menerjemahkan bahasa matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan numerasi peserta didik setelah dilakukan implementasi demonstrasi, aktivitas siswa terhadap keterlaksanaan pembelajaran di kelas, dan responsif dari siswa terhadap proses pembelajaran melalui implementasi bahan ajar matematika berbasis demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi dan angket. Penelitian ini dilakukan di SDN Bugih 5 Pamekasan. Subjek pada penelitian ini siswa kelas V pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan numerasi siswa dikatakan baik dengan indikator yang sering muncul adalah indikator melakukan analisis terhadap data yang diperoleh. Sedangkan indikator yang jarang muncul adalah indikator memberikan penafsiran terhadap hasil analisis dan memberikan kesimpulan atau prediksi. Aktivitas siswa terhadap keterlaksanaan pembelajaran dengan implementasi bahan ajar matematika berbasis demonstrasi sangat baik, serta respon siswa baik terhadap proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

abuya

Publisher

Subject

Religion Humanities Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar Is an open access, and peer-reviewed journal that focuses on critical studies of elementary education. Investigated the dynamics of learning students at State Elementary Education/ Islamic Elementary Education (SD/MI). Besides focusing on the development of teaching at ...