Numerasi merupakan problem yang klasik dan selalu menarik dibahas dalam implementasi bahan ajar matematika karena para siswa sekolah dasar cenderung mengalami kesulitan dalam menerjemahkan bahasa matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan numerasi peserta didik setelah dilakukan implementasi demonstrasi, aktivitas siswa terhadap keterlaksanaan pembelajaran di kelas, dan responsif dari siswa terhadap proses pembelajaran melalui implementasi bahan ajar matematika berbasis demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi dan angket. Penelitian ini dilakukan di SDN Bugih 5 Pamekasan. Subjek pada penelitian ini siswa kelas V pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan numerasi siswa dikatakan baik dengan indikator yang sering muncul adalah indikator melakukan analisis terhadap data yang diperoleh. Sedangkan indikator yang jarang muncul adalah indikator memberikan penafsiran terhadap hasil analisis dan memberikan kesimpulan atau prediksi. Aktivitas siswa terhadap keterlaksanaan pembelajaran dengan implementasi bahan ajar matematika berbasis demonstrasi sangat baik, serta respon siswa baik terhadap proses pembelajaran.
Copyrights © 2023