Proceeding SENDI_U
2015: SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN DAN CALL FOR PAPERS

FRAMEWORK DESAIN SITUS WEB BUSINESS TO CONSUMER YANG EFEKTIF BERDASAR STUDI LITERATUR DAN PERSEPSI PENGGUNA

Suhari, Yohanes (Unknown)
Jananto, Arief (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Mencari faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalammemilih situs web; dan (2) Menentukan urutan prioritas faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalammemilih situs web. Penelitian dilakukan dalam dua tahap, yang pertama dilakukan dengan studi literatur untukmenemukan kerangka kerja. Tahap berikutnya, berdasarkan kerangka kerja yang telah dibangun dilakukan tes padakonsumen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Stikubank Semarang. Teknik pengambilan sampelyang digunakan adalah purposive sampling. Responden ditentukan dengan cara dicari di kampus yang memenuhisyarat sudah melakukan akses situs web yang menyediakan fasilitas penjualan atau pembelian. Banyaknyaresponden pada penelitian ini adalah 107 mahasiswa. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut : 1.Unsur situs web dikelompokan menjadi 3 dan berdasarkan tingkat kepentingannya dari yang paling tinggi adalah: (i)Pencarian informasi; (ii) Transaksi; (iii) Kenyamanan; 2. Tiga komponen pertama situs web yang dianggap sangatpenting berturut-turut adalah sebagai berikut : (i) Informasi yang tepat; (ii) Transaksi aman; (iii) Tersedia informasiproduk yang lengkap; 3. Tiga komponen pertama situs web yang dianggap tidak begitu penting adalah : (i) Selerahumor; (ii) Sound atau musik latar / background (iii) Animasi.Kata Kunci: desain situs web, business to consumer, persepsi pengguna

Copyrights © 2015