Proceeding SENDI_U
2015: SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN DAN CALL FOR PAPERS

SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN

., Darmanto (Unknown)
Hari, Yulius (Unknown)
Hermawan, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2015

Abstract

Pelafalan bahasa Mandarin memperhatikan unsur tinggi nada, intensitas nada, panjang nada danwarna nada. Setiap nada dalam bahasa Mandarin mempunyai arti tersendiri, sehingga perbedaanpengucapannya dapat menyebabkan salah makna. Kompetensi bahasa Mandarin mencakuppenguasaan kemampuan mendengar, berbicara, membaca dan menulis aksara Mandarin. Untukmencapai kompetensi yang diharapkan dibutuhkan media bantu dalam proses belajar bahasaMandarin, baik berupa media cetak atau elektronik. Sementara itu, teknologi mobile saat iniseperti smartphone sangat menunjang untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Mobile learning(mlearning) merupakan teknologi mobile yang memberikan keleluasaaan untuk mengaksesinformasi yang dapat mendukung dalam pembelajaran bahasa mandarin. Mlearning mampumenyajikan materi seacara interaktif baik berupa teks, gambar, suara, animasi dan simulasi.Aplikasi mlearning pembelajaran bahasa mandarin yang dikembangkan dengan pendekatan SDLCdapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi siswa berbahasamandarin. Aplikasi ini mendukung peningkatan ketrampilan siswa untuk memahami bahasa lisandan bahasa tulis, melalui modul materi, audio/video, latihan serta penulisan (handwriting) hurufhanzi Mandarin.Kata kunci: Smartphone, Mobile learning, Bahasa Mandarin

Copyrights © 2015