Pedagogi Hayati
Vol 3 No 2 (2019): Pedagogi Hayati Volume 3 Nomor 2 Tahun 2019

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI MAN 3 Pesisir Selatan

Relsas Yogica (Universitas Negeri Padang)
Vahmil Riffani Hardi (Unknown)
Ardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2019

Abstract

Abstract. 2013 Curriculum hasn’t been done as expected in MAN 3 Pesisir Selatan. Another problem are the mindset of the students about biology that a lot of theory and pictures are dificult to understand, low learning motivation, and the learning model applied by the dominant teacher lecture method. This study aims to determine the effect of the cooperative learning model picture and picture type on student’s learning competencies on Excreation System material of class XI MAN 3 Pesisir Selatan. This type of research is a quasi experimental design randomized control group posttest only design. The research population was all student in class XI MAN 3 Pesisir Selatan enrolled in the 2018/2019 year which amounts to two class. Sampling technique using saturation sampling, class XI MIA 1 as the experimental class and class XI MIA 2 as the control class. Knowledge instrument in the form of posttest, attitude and skill instrument in the form of observation sheet. The data analysis technique used is the t test which is first carried out a prerequisite test, namely the normality test and homoenity test. Based on the result of research on the competency of student knowledge gained value tcount > ttable (2,68>1,67), attitude competence tcount > ttable (3,27>1,67) and skill competence tcount > ttable (1,89 >1,67). This proves that the hypothesis is accepted. The conclusion was that the application of cooperative learning model picture and picture type had a positive effect on student’s learning competencies on Excretion System material class XI MAN 3 Pesisir Selatan. ABSTRAK: Penerapan kurikulum 2013 di MAN 3 Pesisir Selatan belum berjalan sesuai harapan. Masalah yang ditemukan yaitu siswa yang menganggap biologi merupakan pelajaran yang banyak teori dan gambar sehingga sulit dipahami, motivasi belajar rendah, dan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru adalah dominan metode ceramah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap kompetensi belajar siswa pada materi Sistem Ekskresi kelas XI MAN 3 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design randomized control group posttest only design. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MAN 3 Pesisir Selatan tahun 2018/2019 yang berjumlah dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengetahuan berupa instrumen posttest, sikap dan keterampilan dalam bentuk lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan uji prasyarat, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian kompetensi pengetahuan siswa diperoleh nilai thitung> ttabel (2,68> 1,67), kompetensi sikap thitung> ttabel (3,27> 1,67) dan kompetensi keterampilan thitung> ttabel (1, 89> 1,67). Ini membuktikan bahwa hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar siswa pada materi Sistem Ekskresi kelas XI MAN 3 Pesisir Selatan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pedagogihayati

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogi Hayati: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pedagogi Hayati mempublikasikan artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu pendidikan biologi: pembelajaran, ...