Indonesia merupakan salah satu negara maritim terbesar di dunia yang terbilang lambat dalam mengintegrasikan pengetahuan kemaritiman di dalam pembelajaran. Integrasi pengetahuan kemaritiman ke dalam pembelajaran penting dilakukan untuk menanamkan pengetahuan kelautan kepada peserta didik dan menjadikan peserta didik lebih peka terhadap isu-isu kemaritiman. Integrasi pengetahuan kemaritiman salah satunya dapat dilakukan melalui Mata Pelajaran IPA yang bidang kajiannya erat dengan lingkungan. Dengan memiliki pengetahuan tentang kelautan, peserta didik diharapkan dapat memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan kemaritiman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Modul IPA berbasis Problem based learning terintegrasi isu-isu kemaritiman yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangkan ini dilakukan dengan tahapan model pengembangan ADDIE. Pada artikel ini, penyajian hasil penelitian dibatasi sampai pada tahapan development. Modul yang telah dikembangkan diuji validitasnya dengan melibatkan beberapa validator. Data hasil uji validitas dianalisis dengan menggunakan Skala Likert. Hasil uji validitas modul menunjukkan bahwa modul berada pada kategori sangat valid untuk aspek materi dan aspek kegrafisan. Hasil ini menunjukkan bahwa modul layak diimplementasikan untuk diuji kepraktisan dan keefektifannya.
Copyrights © 2022