Jurnal Bahusacca
Vol. 2 No. 1 (2021): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan

Stres Akademik Pada Siswa Beragama Buddha Serta Dampaknya Pada Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Gombong Kabupaten Kebumen)

Lilin Erawati (STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri)
Urip Widodo (STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri)
Sukarti Sukarti (STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2022

Abstract

Terdapatnya siswa beragama Buddha yang mengalami stres akademik di SMP Negeri 4 Gombong menjadi alasan peneliti melakukan penelitian tentang Stres Akademik Pada Siswa Beragama Buddha Serta Dampaknya Pada Hasil Belajar Siswa. Tujuan penelitian (1) mengetahui sebab stres akademik pada siswa bergama Buddha. (2) menganalisis dampak stres akademik pada siswa beragama Buddha terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan penelitian studi kasus. Tempat penelitian di SMP Negeri 4 Gombong. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Januari sampai Mei 2020. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi. Teknik analisis data mengacu konsep Milles & Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hambatan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran seperti tuntutan orangtua dan terdapat dampak stres akademik pada hasil belajar seperti stres negatif dan stres positif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BAHUSACCA

Publisher

Subject

Education Other

Description

BAHUSACCA adalah jurnal yang dikelola oleh prodi PGSD, memiliki ruang lingkup pendidikan dasar dan manajemen pendidikan yang merupakan hasil penelitian maupun kajian ilmiah peneliti/dosen/praktisi di lingkup Ilmu pendidikan dasar dan manajemen ...