Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N) 02 Keling Jepara. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 6 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan:Lembar Observasi, Wawancara, Soal. Selain itu untuk mengontrol kegiatan pembelajaran digunakan beberapa instrumen yaitu: Lembar observasi, Pedoman wawancara, dan Soal test. Sedangkan analisis data digunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa:pembelajaran dengan menggunakan metode discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Pancadhamma.Proses pembelajaran siklus I mendapatkan presentase 50% mengalami peningkatan pada siklus II presentase menjadi 100%. Metode discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan siswa mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal.Kelebihan menggunakan metode discovery learning yaitu menambah siswa menjadi aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, sedangkan kekurangannya yaitu tidak semua topik pembelajaran dapat menggunakan metode discovery learning.
Copyrights © 2021