Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 3 No 1 (2022): Menuju Pendidikan yang Bermutu

Pondok Pesantren dalam Menghadapi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Enung Nurjanah (STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang keberadaannya sudah ada sejak abad 16. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pondok pesantren dalam menghadapi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif analisis dengan jenis datanya kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berbagai tantangan global harus mampu dihadapi oleh pondok pesantren supaya menghasilkan out put SDM yang berkualitas mampu bersaing di tengah-tengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. pesantren adalah lembaga yang memproses sumber daya manusia menjadi manusia yang memiliki keimanan yang kuat, ketaqwaan yang mantap, ahklaq yang mulia, sehat jasmani dan rohani, berilmu pengetahuan yan luas, memiliki berbagai keterampilan dan kecakapan, kretif, mampu hidup mandiri, memiliki sikap demokratis dan rasa tanggung jawab. Dapat disimpulkan bahwa upaya pondok pesantren dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dilakukan dengan cara melaksanakan proses pembelajaran yang dipadukan dengan program-program pembangunan di segala bidang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

manhajuna

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam invites academics, lecturers, researchers, and students to publish their research results within the scope of religious studies in the form of research results, conceptual ideas, literature study, and practical ...