ILUMINASI: Journal of Research in Education
Vol 1, No 2 (2023): ILUMINASI: Journal of Reaserch in Education

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Akhlak Terpuji Pada Diri Sendiri Kelas VIII A di MTsN 2 Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018

Siti Munawaroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2023

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengungkapkan:  (1)  Bagaimana  hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik pada materi Akhlak Terpuji pada Diri Sendiri di kelas VIII-A MTsN 2 Grobogan, (2) Bagaimana pelaksanaan metode Role Playing di kelas VIII-A MTsN 2 Grobogan (3) Apakah penggunaan  metode Role Playing  dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik pada materi Akhlak Terpuji pada Diri Sendiri di kelas VIII-A MTsN 2 Grobogan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan/pelaksanaan, tahap pengamatan, tahap analisis dan refleksi. Sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 32 siswa kelas VIII-A MTsN 2 Grobogan. Melalui metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII-A MTsN 2 Grobogan tahun pelajaran 2017 –,2018. Hal tersebut diperoleh dengan nilai rata-rata hasil observasi terhadap aktivitas peserta didik pada tes awal 57.17 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 33.33%, nilai rata-rata pada siklus I 62.00 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 46.66% dan pada siklus II nilai rata-rata 75.50 dengan  persentase ketuntasan belajar sebesar 80%

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ILUMINASI

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

ILUMINASI: Journal of Reaserch in Education (E-ISSN: 2987-3274) is published twice a year by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah Blora, Indonesia. ILUMINASI is a multi-disciplinary, peer-refereed open-access international journal that has been established for the dissemination of state-of-the-art ...