ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa melalui pendekatan whole language dengan setting lesson study pada anak kelompok B TK Widya Kumara Sidhi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan siklus  lesson study.  Penelitian ini dilakukan di anak kelompok B TK Widya Kumara Sidhi dengan jumlah sebanyak 22 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui teknik observasi. Indikator keberhasilan yang ingin dicapai dalam penelitian ini jika persentase rerata perkembangan bahasa anak mencapai 76% atau berada pada kategori berkembang sangat baik.Hasil penelitian yang didapat terjadi peningkatan kemampuan berbahasa untuk semua indikator, yaitu kemampuan memahami bahasa pada pre siklus  sebesar 63,64% (kategori berkembang sesuai harapan), meningkat menjadi 75% (kategori berkembang sesuai harapan) pada siklus I dan 88, 63% (kategori berkembang sangat baik)  pada siklus II. Kemampuan mengungkapkan bahasa pada pre siklus  sebesar 64,77% (kategori berkembang sesuai harapan), meningkat menjadi 75% (kategori berkembang sesuai harapan) pada siklus I  dan 84,09% (kategori berkembang sangat baik) pada siklus II.Kata kunci: perkembangan bahasa, whole language, lesson study
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020