Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 1, No 2 (2020)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DENGAN SETTING LESSON STUDY

I Ketut Suparya (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2020

Abstract

   ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa melalui pendekatan whole language dengan setting lesson study pada anak kelompok B TK Widya Kumara Sidhi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan siklus  lesson study.  Penelitian ini dilakukan di anak kelompok B TK Widya Kumara Sidhi dengan jumlah sebanyak 22 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui teknik observasi. Indikator keberhasilan yang ingin dicapai dalam penelitian ini jika persentase rerata perkembangan bahasa anak mencapai 76% atau berada pada kategori berkembang sangat baik.Hasil penelitian yang didapat terjadi peningkatan kemampuan berbahasa untuk semua indikator, yaitu kemampuan memahami bahasa pada pre siklus  sebesar 63,64% (kategori berkembang sesuai harapan), meningkat menjadi 75% (kategori berkembang sesuai harapan) pada siklus I dan 88, 63% (kategori berkembang sangat baik)  pada siklus II. Kemampuan mengungkapkan bahasa pada pre siklus  sebesar 64,77% (kategori berkembang sesuai harapan), meningkat menjadi 75% (kategori berkembang sesuai harapan) pada siklus I  dan 84,09% (kategori berkembang sangat baik) pada siklus II.Kata kunci: perkembangan bahasa, whole language, lesson study

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Focus and Scope of Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and ...